|


Profil Program Pendidikan
1. Beasiswa Berkah
Tujuan dari program ini adalah memberi santunan (infak/sedekah) untuk anak asuh binaan BMH Bali setiap bulan.
Untuk saat ini, jumlah anak asuh BMH Bali sejumlah !00  anak asuh yang tersebar di  daerah Denpasar.
Penyaluran ke anak asuh: Pengambilan dana infak (beasiswa) dari donator oleh petugas dari BMH Bali di alamat yang telah direkomendasikan atau lewat transfer setiap bulan. Dana dihimpun oleh BMH. Kemudian melalui koordinator anak asuh masing-masing wilayah infak dari donator tadi akan disalurkan. Mereka datang setiap bulan ke kantor BMH Bali setiap bulan untuk Briefing, update data sekaligus dititipkan santunan infak sejumlah anak asuh di wilayah masing-masing. Pertanggungjawaban dari koordinator anak asuh dalam bentuk laporan secara rutin kepada BMH Bali
Jaminan: Santunan sampai dengan nilai penuh tanpa ada potongan sama sekali, untuk donator diberikan laporan perkembangan anak asuh setiap pergantian Tahun Ajaran.
Nominal Santunan yang diberikan setiap bulan:
  • SD sebesar Rp 35.000,-/anak setiap bulan
  • SMP sebesar Rp 45.000,-/anak setiap bulan
  • SMA sebesar Rp 55.000,-/anak setiap bulan.
"Mari sisihkan sebagian rezeki yang telah dikaruniakan Allah SWT untuk menyantuni adik-adik Yatim dan Dhuafa."

2. Sekolah Pemimpin
Merupakan Sekolah Islam Terpadu untuk anak-anak dari keluarga miskin. Kategori penerima manfaat dari sekolah ini adalah tidak hanya siswa/siswi yang berprestasi namun berdasarkan kriteria yang paling miskin adalah yang memiliki kesempatan lebih besar. Program ini diinisiasi untuk menjawab kebutuhan akan perlunya pendidikan berkualitas bagi masyarakat miskin. Sistem belajar terintegrasi dibangun melalui masjid, asrama dan sekolah yang mengkombinasikan sistem pendidikan standar Diknas dan Depag dengan mengembangkan life skill yang berbasis pada leadership dan enterpreunership. Outputnya pun tidak hanya akademis, namun anak-anak yang memiliki mental dan spiritual yang mumpuni hingga membentuk karakter sikap dan akhlak yang Islami selain bekal keterampilan yang terus diasah dan dikembangkan.
3. Sekolah Tinggi Kader Da’i
Melalui dana zakat yang dihimpun BMH mensupport tiga perguruan tinggi kader da’i di Indonesia. Perguruan tinggi yang secara khusus di bangun untuk mempersiapkan tenaga daii yang siap terjun ke wilayah pelosok. Tenaga dai yang disiapkan memiliki kapasitas dan kemampuan sesuai dengan kapasitas dan latar belakang pendidikannya. Tiga perguruan tinggi tersebut adalah pertama, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah berlokasi di Balikpapan, yang berkonsentrasi untuk menghasilkan tenaga da’i yang memiliki kapasitas dalam bidang syariah. Kedua, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah berlokasi di Depok. Lulusannya dipersiapkan memiliki kemampuan dalam aspek managerial dalam melakukan aktifitas pengelolaan dakwah di wilayah pelosok dan melakukan aktifitas pemberdayaan. Ketiga, Sekolah Tinggi Al Lukmanul Hakim (STAIL) merupakan merupakan sekolah tinggi yang diinisiasi untuk mempersiapkan tenaga da’i yang memiliki kemampuan di bidang pendidikan baik sebagai guru maupun dalam melakukan aktifitas pengelolaan suatu lembaga pendidikan.

Posted by BMH on 01.01. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added