|

Program Sosial Tebar Qurban Nusantara


BAHAGIAKAN DENGAN KURBAN
Para Nabi dan Rasul yang dipilih oleh Allah SWT untuk menjadi pembawa Risalah-Nya selalu membawa bukti nyata kebenaran ajaran-Nya serta kekuasaan-Nya . Semua Rasul dalam menjalankan tugasnya diberi amanah dan cobaan hidup yang lebih berat daripada manusia pada umumnya, bahkan ada Rasul yang digelar Ulul Azmi karena diberi cobaan lebih berat daripada Rasul-Rasul yang lain. Mereka diantaranya adalah Nabiullah Ibrahin AS.
Ketika usia Nabi Ibrahim AS beranjak tua, timbul kekhatiran akan estafeta perjuangannya, maka dia bermohon kepada Allah agar diberi anak sholeh yang melanjutkan tugas perjuangannya.
Ketika do’nya dikabulkan, melalui isterinya Siti Hajar lahirlah anak yang didambakan yakni Ismail. Disaat putranya masih bayi datang perintah untuk mengasingkannya bersama isteri tercinta di lembah yang tandus tak ada tanda-tanda kehidupan disana. Meskipun ada ganjalan dihati sebagai seorang bapak atas rasa tanggungjawabnya terhadap keluarga, namun dia berhasil menepiskan demi mematuhi perintah Tuhannya.
Dengan ketatan Ibrahim AS dan kepasrahan total Sang Isteri maka Allah menunjukkan kekuasaan-Nya melalui sentakan kaki sang bayi Ismail, terpancarlah sumber air ajaib yang kemudian diberi nama air zam-zam dan hingga hari ini tetap dikonsumsi oleh jutaan manusia setiap saat.
Ujian demi ujian terus mendera nabiullah Ibrahim AS, diantara yang terberat disaat beliau diminta oleh Allah untuk menyembelih putra kesangan dan dambaan hati, yang diharapkan untuk melanjutkan perjuangannya. Meskipun ada gejolak manusiawi yang ditiupkan oleh nafsu dan syaitan namun tak dapat mengalahkan kecintaan dan ketaatannya kepada Allah, sehingga diapun rela untuk menunaikan perintah tersebut, sebagaimana juga kepasrahan putranya menerima keputusan ayahnya dengan pernyataan sederhana tapi meyakinkan “silahkan laksanakan, engakau wahai ayah akan dapati aku dalam keadaan sabar”. Inilah kemudian menjadi asal-muasal kewajiban memotong hewan kurban di setiap Idul Adha bagi ummat Islam yang mampu.
Ketika kita memahami sejarah dan azbabul nuzulnya perintah berkurban, maka kita dapati bahwa betapa dahsyatnya perhatian Allah terhadap orang-orang yang melakukan kebajikan atas dasar ketaatan dan kecintaan kepada-Nya. Sebab disaat Nabi Ibrahim telah menyempurnakan ketaatannya kepada Allah, dia mendapat posisi yang khusus disisi Allah SWT, bahkan seluruh Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah setelahnya adalah berasal dari keturunannya.
Dalam syariat berkurban bukanlah darah dan dagingnya yang diharapkan oleh Allah, akan tetapi yang dinilai adalah ketaatan dan niat sucinya untuk berbagi kepada sesama. Dalam hal berbagi, peduli kepada sesama tidaklah dibatasi oleh territorial dan suku bangsa karena prinsipnya bebagi ditujukan kepada siapa saja dan di mana saja sepanjang orang lain membutuhkan uluran tangan.
Maka konsep penyebaran hewan kurban BMH tahun ini mengangkat tema “BAHAGIAKAN DENGAN KURBAN” di sana mengandung makna skala prioritas bagi saudara kita yang lebih membutuhkan. Daerah minus dan kekeringan di pelosok Bali, masyarakat miskin yang terisolir di Bumi Nusantara. Palestina yang terjajah, dan Somalia yang ditimpa kelaparan yang terdahsyat dalam decade ini.

TUJUAN
1. Mensyiarkan Islam dengan pelaksanaan kurban langsung di masyarakat.
2. Memberikan kemudahan kepada pekurban dalam melaksanakan ibadah kurbannya sesuai dengan wilayah distribusi yang di inginkan.
3. Mengeratkan ukhuwah dan persaudaraan serta berbagi kebahagiaan kepada masyarakat pedesaan/pelosok yang kekurangan.
4. Menguatkan peran aktivitas para da’I di daerah pembinaan sehingga bias menguatkan kembali siar islam yang sudah dilakukan
KEUNGGULAN PROGRAM
1. Pekurban bebas menentukan wilayah penyaluran kurban yang sudah disiapkan oleh BMH (bisa dilihat di http://qurban.bmh.or.id/)
2. Mendapatkan laporan sesuai dengan pilihan pekurban selambat-lambatnya H+ 14. (Laporan dapat juga diakses di http://qurban.bmh.or.id/user/)

SIKLUS PELAKSANAAN Qurban Berkah Nusantara
Sesuaikan dengan siklus di cabang masing-masing

KRITERIA WILAYAH DISTRIBUSI
1. Daerah miskin dan kawasan penggiran
2. Desa tertinggal
3. Daerah Minoritas (pembinaan muallaf)
4. Daerah konflik
5. Kamp Pengungsi
Lokasi daerah yang menjadi sasaran merupakan daerah yang prioritas yang berada di wilayah pedesaan. Sasaran pendistribusian menyebar sesuai dengan wilayah kerja / jangkauan kantor BMH terkait. Adapun wilayah sebarannya bisa dilihat di http://qurban.bmh.or.id/

PARTISIPASI & LAYANAN UNTUK WILAYAH BALI

1. Transfer melalui rekening bank
BNI syariah No : 0244108756
Bank Syariah Mandiri No: 085.007.9600
Bank Muamalat No: 000.1334.896
Atas Nama Baitul Maal Hidayatullah


*) Setelah transfer, mohon informasikan donasi kurban anda melalui :
1. SMS dengan format
QURBAN.NAMA.NOMINAL.BANK TUJUAN.TGL KIRIM.NOMOR REF/RESI
Kirim ke 087860928081
2. email ke bali@bmh.or.id

2. Donasi via webstore qurban bmh di http://qurban.bmh.or.id/



TARGET PROGRAM KURBAN KAMI
1. Memberikan kemudahan kepada pekurban dalam melaksanakan ibadahnya
2. Tersalurkannya hewan kurban pada sasaranya.
3. Memperluas wilayah binaan, sebagai dasar untuk pembinaan Ummat

HARGA HEWAN KURBAN
Distribusi Bali
(meliputi wilayah Denpasar,Badung, Tabanan, Karangasem,Singaraja, Negara )
Kambing kelas A : 2.100.000
Kambing kelas B : 1.900.000
Kambing Kelas C : 1.650.000
Kambing Kelas D : 1.350.000
Sapi kelas A : Rp8.000.000
Sapi kelas B : Rp7.000.000
Sapi kelas C : Rp6.000.000
Sapi Kelas D : Rp.5000.000

Distribusi(jawa Timur) Kambing : 900.000
Distribusi Lombok Kambing : 800.000
Sapi Mulai 5.950.000 – 8 juta


Kambing/Domba (23-25 Kg) Distribusi Jabodetabek Rp. 1.050.000 Sapi (250-300 Kg)Rp. 8.550.000

Distribusi untuk Palestina Rp. 3.000.000,00
Distribusi untuk Somalia Rp. 1.050.000,00
Distribusi lain http://qurban.bmh.or.id/


PENUTUP
Demikian, seboga ibadah kurban tahun ini semakin meningkatkan komitment kita untuk meningkatkan jiwa perngorbanan karena Allah SWT sekaligus sebagai sarana empati dan rasa kepeduliaan kepada kalangan yang kurang mampu.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih. Semoga Allah SWT menerima pengorbanan kita di bulan yang berkah ini. Amiin.

Denpasar,1 Oktober 2011



Amrozi
Ketua BMH Bali
=============
Album Qurban 1432H/2011
Qurban dilaksanakan di Ponpes Hidayatullah Denpasar
alamat jl . Pemogan Gang Taman 20 X Dps Selatan - Bali
Kambing 15 ekor
Sapi 2 Ekor
Distribusi Kemasyarakat sekitar 600 bungkus
Distribusi Ke Karang Asem 50 bungkus
Distribusi Ke Desa Pegayaman Singaraja 50 bungkus









Posted by BMH on 18.28. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added