|

Baitul Maal Hidayatullah yang kemudian disebut BMH adalah salah satu lembaga amil zakat Nasional (LAZNAS) yang bertugas untuk membantu masyarakat yang akan  menunaikan zakat,infaq, sedekah, wakaf, hibah, dana kemanusiaan dan dana halal lainnya dari pemerintah, BUMN, Swasta atau masyarakat secara umum untuk disalurkan kembali kepada yang berhak menerimanya dengan ketentuan syariah dan  mengacu kepada program-program yang telah dicanangkan.
 Sebagai LAZNAS BMH telah mendapatkan pengukuhan resmi dari  SK  Menteri Agama RI No. 538 tahun 2001 dan ijin operasional dari MENKUMHAM No.C-HT.01.09-302 tahun 2005.BMH telah diaudit oleh akuntan publi Drs.Thalib Daeng Mattemmu dengan predikat wajar tanpa pengecualian dan mulai tahun 2010 kinerja BMH telah mendapatkan ISO No. 9001:2008 Untuk Kategori pengendali mutu. Alhamdulillah BMH telah  berhasil meraih IMZ Award 2011 sebagai The Best Growth Fundraising Zakat 2010. Penghargaan ini diberikan atas penggalangan dana BMH yang pertumbuhannya dianggap terbaik se-Indonesia di antara organisasi pengelola zakat (OPZ) lainnya
Eksistensi Baitul Maal Hidayatullah tidak lah bisa  lepas dari induknya Pesantren Hidayatullah (ormas Hidayatullah). Pesantren yang lahir dari sebuah keprihatinan yang mendalam melihat kondisi ummat yang ada.
Dengan bermodalkan tekat dan semangat yang membara tujuh anak muda yang di pimpin Ust. Abdullah Said (alm) memulai sejarah di rimba Kalimantan timur, tanpa ada dukungan yang berarti bahkan di angap gila saat itu, terus berbuat dan berkarya yang hingga akhirnya sejarah itu tercipta, Hidayatullah telah mewujud menjadi salah satu elemen anak bangsa yang terus berkembang dengan 200 jaringan yang tersebar di seantero nusantara dari sabang hingga merauke papua.
Deret kegiatan dan program telah digulirkan, dari menyantuni anak yatim, mendirikan pusat pembinaan anak sholeh(dhufa), mendirikan lembaga pendidikan gratis hingga menyebarkan Dai ke pedalaman serta banyak lagi aktivitas ibadah sosial yang diretas.
Setiap langkah dari ibadah sosial tersebut, ada peran aktif Baitul Maal Hidayatullah dalam menyokong ragam aktivitas dan program tersebut, hingga akhirnya pemerintah memutuskan pada tahun 2001, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) resmi di kukuhkan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional.

Keunggulan BMH
 1. BMH masuk 6 besar sebagai lembaga amil zakat secara nasional
2. Memeiliki jaringan terluas dengan 57 cabang tersebar di kota - kota seluruh Indonesia
3. Penghimpunan dana umat tahun 2010 sebesar 40 Milyar Rupiah
4. Memiliki jaringan mitra salur tersebar diseluruh kota dan kabupaten
5. Dikelola oleh amil yang amanah  dan profesioanal
6. Program fokus dan tepat sasaran berorientasi pada pemberdayaan umat
7. Kemudahan berdonasi (layananjemput Zakat, transfer)

Posted by BMH on 00.58. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added